illustrasi konsep bunga “menurun” pada Bank

Lihat dari judulnya kok kayak menyenangkan debitur ya ? , jadi makin lama makin “kecil” dong bunganya , mestinya kalo “pelunasan” dipercepat “debitur” yang “untung” , tapi pada kenyataan kok “nggak” ya ? hehe ,  saya tau karena pernah KPR ,  setelah 5 tahun logikanya , sdh setengah jalan , bila KPR 10 tahun , tapi kadang2 masih 70% untuk melunasinya ,  saya selalu penasaran , kok bisa ya ? , akhirnya  berdasarkan teori yang saya baca n analisa , saya buatkan illustrasinya , seperti dibawah ini , jangan kaget ya ? hehe

bunga-menurun

Jadi saat kita mau melunasi pada tahun ke 5 , sebenarmya bunganya yang “besar” , pokoknya tetap “kecil” aja tuh , hehe
Maklumlah bank kan lembaga “bisnis” , jadi nyari “untung” khan wajib , tapi kalo lembaga “Syariah” seharusnya “membantu” , dalam tanda kutip “bebas ribawi” karena sudah jelas dalam Al Quran ” Allah mengharamkan riba  dan menyuburkan sedekah” ,  dan ancaman dosa riba gak main2 , sampe “ngeri” , akhir akhir ini kalo saya kok cenderung mempercayai bahwa bila kita melakukan apa yang diperintah Allah dan menjauhi larangan Nya , pasti akan “selamat” , dan itu bisa kita mulai sedikit demi sedikit untuk membebaskan diri kita dari “Jeratan Hutang” yang “melenakan”
Saya pikir sudah “urgent” ya , negeri yang “mayoritas” muslim , memikirkan sebuah lembaga keuangan “non riba” , agar negeri kita menjadi negeri yang “Baldatun , Thoyibatun wa rabbun Ghofur” , kalo meniru pada zaman Khalifah para sahabat nabi ,  lembaga keuangannya hanya Baitul Maal aja  atau barangkali  itu yang kita perlukan ??  Wallahu alam